contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Kamis, 07 Januari 2010

ANALISIS SENSITIVITAS


Analisis sensitivitas merupakan analisis yang berkaitan dengan perubahan diskrit parameter untuk melihat berapa besar perubahan dapat ditolerir sebelum solusi optimum mulai kehilangan optimalitasnya. Jika suatu perubahan kecil dalam parameter menyebabkan perubahan drastis dalam solusi, dikatakan bahwa solusi sangat sensitive terhadap nilai parameter tersebut. Sebaliknya, jika perubahan parameter tidak mempunyai pengaruh besar terhadap solusi dikatakan solusi relative insensitive terhadap nilai parameter itu.
Dalam membicarakan analisis sensitivitas, perubahan-perubahan parameter dikelompokan menjadi:
1. Perubahan koefisien fungsi tujuan
2. Perubahan konstan sisi kanan
3. Perubahan batasan atau kendala
4. Penambahan variable baru
5. Penambahan batasan atau kendala baru.

1 komentar:

  • kukun98 on 6 Juni 2012 pukul 20.27

    saya Kunandar, mahasiswa yang sengan menulis tugas akhir. pembimbing saya mengharuskan adanyan analisis sensitivitas.

    saya membaca blok bapak ini dan ingin saya jadikan referensi. tapi kebijakan kampus melarang blog dijadikan referensi. oleh karena itu saya mau tanyakan adalah sumber buku atau jurnal yang membahas mengenai analisis sentitivitas yang ada di blog bapak tersebu?

  • Posting Komentar

    Links

    Followers