contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Senin, 27 Desember 2010

1. Jelaskan pengertian reverse engineering
2. Apa keuntungan dan kerugian dari reverse engineering?
3. Cari contoh aplikasi nyata reverse engineering dalam perancangan produk!

Jawaban
1. reverse engineering adalah Sebuah metodologi sistematis untuk menganalisis desainperangkat yang ada atau sistem, baik sebagai sebuah pendekatanuntuk mempelajari desain atau sebagai prasyarat untuk re-desain.

2. Mempunyai beberapa keuntungan sebagai berikut:
a. Waktu yang digunakan dalam pemeliharaan sistem bisa dikurangi
b. Dokumentasi, yang sebelumnya belum ada atau hanya minimal untuk program
lama, bisa dilakukan
c. Menciptakan program terstruktur dari program tak terstruktur atau kode komputer terstruktur yang tidak tepat
d. Perubahan-perubahan yang terjadi dalam pemeliharaan di masa datang lebih mudah dibuat
e. Analisis bisa ditampilkan atas sistem untuk mengurangi bagian yang tidak perlu dari kode komputer
Kerugian Reverse Engineering
a. Masalah kepemilikan. Suatu pihak dapat menyalin karya asli dan mengaku karya tersebut sebagai miliknya. Pemilik asli tidak dapat memberikan bantahan karena tidak ada bukti yang otentik menandakan kepemilikan.
b. Pelanggaran copyright. Merupakan penyalinan yang tidak berijin sehingga mengakibatkan kerugian dari pencipta karya karena tidak diperolehnya royalti apapun dari penggandaan tersebut.
c. Masalah keaslian. Karya digital dapat dengan mudah diubah, sehingga dapat menyebabkan hilangnya atau berubahnya data-data yang penting dari sebuah karya.

3. Dalam penelitian yang dilakukan, perhiasan yang hendak didesain terbuat dari logam berharga seperti emas, perak atau perunggu. Selain itu, jenis perhiasan yang hendak didesain mempunyai bentuk dasar berupa non-silindris. Kemudian, proses pembuatan yang dapat digunakan dalam proses pembuatan prototipnya adalah dengan proses manual, engraving, dan milling dan ditambah proses akhir berupa polishing, dipalu atau disikat. Bentuk desain perhiasan yang hendak diteliti dibagi menjadi tiga macam yaitu bentuk dasar non-silindris dengan elemen cembung, bentuk dasar non-silindris dengan elemen cekung, Prosiding dan bentuk dasar non-silindris dengan kombinasi elemen cembung dan cekung. Desain perhiasan yang baru ini kemudian dibuat dalam bentuk mock up yang terbuat dari lilin plastisin.
Lilin plastisin dipilih sebagai material mock up karena mudah dibentuk dan tidak mudah rusak saat proses pemindaian. Selain itu lilin plastisin ini juga memungkinkan proses pemindaian dengan laser scanner dapat berlangsung dengan baik karena dapat memantulkan Prosiding sinar yang dipancarkan. Keuntungan lain dari lilin plastisin dibandingkan material mock up yang lain adalah lilin plastisin dapat digunakan berulang kali sehingga dapat menghemat biaya material. Mock up ini kemudian diletakkan ke dalam 3D laser scanner merek Roland LPX 600 untuk mendapatkan informasi data geometri dari mock up berupa point clouds. Untuk proses selanjutnya, informasi data geometri ini diubah menjadi model computer aided design tiga dimensi dengan format data STL dengan menggunakan perangkat lunak Dr. Picza3.
Variabel dan nilai yang digunakan dalam pengoperasian 3D laser scanner ini adalah sebagai berikut :
• Jenis pemindaian adalah rotary scanning
• Height direction pitch sebesar 1 mm
• Circumferensial pitch sebesar 0,9 derajat
Nilai dari variabel ditentukan berdasarkan variabel default yang diatur oleh perangkat lunak Dr. Picza3. Diasumsikan bahwa nilai variabel ini adalah nilai yang dapat menghasilkan model computer aided design yang standar. Sedangkan respon yang dicari adalah waktu yang dibutuhkan dalam memperoleh model computer aided design yang sempurna. Model computer aided design yang sempurna didefinisikan sebagai model penuh yang tidak mengandung lubang atau cacat atau sebaliknya yaitu model yang tetap mengandung lubang jika model tersebut adalah model berlubang. Setelah itu, penelitian ini mencoba menganalisis kesempurnaan model computer aided design dari desain perhiasan yang dihasilkan dikaitkan dengan waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan model computer aided design dari mock up. Data hasil analisis ini kemudian digunakan untuk membuat kesimpulan dan rekomendasi terkait implementasi dari reverse engineering dalam meningkatkan produktivitas proses desain produk perhiasan.

0

0 komentar:

Posting Komentar

Links

Followers